img source: http://www.destination360.com/north-america/us/california/theme-park

Udah masuk liburan nih Friends.. udah ada planning buat liburan? Biasanya kita liburan kan sama temen-temen dan jarang banget jalan sama keluarga. Sebagian orang lebih milih jalan sama temen karena dirasa lebih seru.. termasuk gue. Hehe padahal kan aktifitas bareng keluarga penting banget buat ngejalin hubugan yang baik atar anggota keluarga. Ya gak sih? Pastinya. by the way gue dapet info bagus nih buat aktifitas liburan untuk keluarga. Mungkin beberapa poin agak sulit/jarang dilakukan karena tulisan ini diadaptasi dari artikel yang berlatar belakang keluarga di Amerika/luar negeri.

1. Kebun binatang
Berkunjung ke kebun binatang bisa jadi kegiatan yang seru juga penuh ilmu pengetahuan.

2. Museum
Satu lagi tempat yang kian lama kian sepi yakni museum. Padahal museum bisa jadi tempat yang sarat ilmu pengetahuan. Dari sejarah sampai sains semua terangkum di berbagai museum yang ada khususnya di ibukota. Coba deh, cek museum apa aja yang ada di Jakarta. Lalu kunjungi satu persatu.

3. Pertandingan olahraga
Siapa yang nggak suka pertandingan olahraga? Apalagi live. Pilih pertandingan yang paling kalian sukai. Jika ada perbedaan dalam hal selera, tak ada salahnya untuk bergantian menonton pertandingan olahraga yang lain. Yang paling sering sih pertandingan sepakbola iya gak? Hehe dalam pertandingan olahraga kita bisa belajar tentang sportivitas, semangat, dan sikap pantang menyerah.

4. Konser musik/khusunya untuk anak-anak
Hemm ini nih yang jarang banget.. di Indonesia malah adanya band2 luar yang masuk dan notabene musik orang dewasa semua. *no comment further

5. Taman hiburan
Ini dia nih yang paling sering dilakukan. Taman hiburan seperti dufan dll. Emang jagonya berikan kesenangan.

6. Camping
Untuk aktifitas yang satu ini mungkin agak sulit ya. Kita kenal istilah camping mungkin saat ikut Pramuka ya nggak? Hehe tapi bisa kok, coba cari informasi dimana aja lokasi yang bisa dijadikan tempat camping.. nggak usah jauh2, kalo halaman rumah kamu cukup luas bisa jadi tempat camping yang asik. Jangan lupa siapkan kegiatan2 seru bersama keluarga selama camping. Misal masak-masak atau cerita-cerita seru, menegangkan, menyeramkan juga bisa mengisi aktivitas camping.

7. Bioskop
Ini juga salah satu aktivitas yang biasa dilakukan sebagian besar keluarga. Tapi ingat ya, cek film yang akan ditonton. Pastikan sesuai dengan rating nya apabila ada anak-anak diantara kalian.

8. Park/hiking trail
Hemm apa yaa? Semacam jalan-jalan aja sih.. di taman atau bukit. Haha agak susah ya.. tapi kalo taman ada lah meski masih jarang. Ini bisa jadi ajang refresh dari rutinitas sehari-hari. Jalan-jalan bersama sambil bercerita ditutup dengan makan bersama bisa jadi aktivitas yang sempurna.

9. Outdoor sports
Pagi dan sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Ambil kesempatan ini untuk berolahraga besama keluarga. Bisa bersepeda atau jogging di sekitar perumahan atau pergi ke taman yang ada fasilitas jogging tracknya. Sehat dan menyenangkan!

10. Bowling
Nahh! Ini lagi aktivitas yang jarang banget kecuali mereka yang hobi hha kira-kira kalian punya ide apalagi nih buat ngisi liburan seru bareng keluarga?

Adapted from http://life.familyeducation.com/slideshow/activities/57572.html?page=10 

3 comments:

Jalan2 bersama keluarga saat liburan adalah hal yang diinginkan semua orang. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukannya. Kendalanya kebanyakan karena dana dan waktu. . .

Tidak harus dengan waktu yang banyak dan biaya yang mahal, liburan bersama keluarga bisa jadi hal menyenangkan bila kita dapat mengaturnya dengan baik :D

contohnya:
- solat berjama'ah
- tilawah bareng
- buka puasa bersama
- buat kue bareng
- bersih2 rumah bareng2
- nonton film bareng
- buat skripsi bareng bisa ga yah *curcol
- etc

^~^

Wahh bener banget kamu tyas, aktivitas dalam rumah pun bisa seru bila dikerjakan bersama-sama :)

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.