Sebelum mulai gue mau say hi dulu nih buat kalian semua :) haii!
lumayan lama juga gak ngepost hehe

Sebenarnya ide tentang topik ini pernah melintas.. tapi baru sekarang ketulis hha. Kemaren temen gue nge-tweet yang intinya dia mau pelihara binatang.. langsung deh keingetan sama topik ini, kurang lebih tentang persiapan sebelum kita memelihara binatang. Mau tahu? langsung aja yuk :)



berbagai macam pilihan :) -image taken from pet-shop-finder.webs.com

Mau pelihara binatang? pikir lagi..
Kenapa? Karena ketika kamu memutuskan untuk memelihara hewan, kamu berkewajiban untuk merawatnya. Dengan kata lain ada komitmen untuk merawatnya. Mudah? Jangan salah.. pasti ada saja suatu ketika kita malas..bosan dan pada saat itu kita harus tetap memaksa diri untuk merawatnya. Jangan sampai hewan tersebut tak terurus lalu mati. Jadi, yakini diri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara.

Apakah nanti kamu siap dengan segala konsekuensinya, memberi makan teratur, mengajak bermain, membersihkan kandang yang kotor dan bau dan mau terus merawatnya? 

Jangan sampai kamu memelihara suatu hewan hanya karena sedang tren, contoh seperti hamster, tanpa memikirkan cara merawatnya, atau hanya karena lucu, seperti anjing kecil yang setelah dewasa nanti kamu tak mau lagi merawatnya dan membuangnya begitu saja. Listen, kamu bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup hewan yang kamu pelihara.

Example of good tank for turtles -can't find the source..*

Lalu, bagaimana jika kamu sudah yakin? Jika sudah, mulailah pelajari cara merawat hewan yang akan kamu pelihara. Karena setiap hewan berbeda-beda cara merawatnya. Pengetahuan tentang cara merawat bisa dibilang sebagai syarat utama dalam memelihara hewan. Perhatikan makanan apa saja yang layak diberikan, tempat seperti apa yang layak, serta bagaimana perlakuan khusus yang diperlukan. Jaman sekarang mudah sekali mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, bahkan ada beberapa forum khusus yang membahas jenis hewan tertentu.

Salah satu hewan peliharaan temen gue, kura-kura pipi putih

Proses belajar ini juga menjadi salah satu pertanda apa kamu benar-benar yakin untuk memelihara hewan atau tidak. Jika kamu memang yakin maka fase ini akan sangat menyenangkan, fase dimana kamu mengenal lebih dekat hewan yang nantinya kamu pelihara. Tapi kalau kamu malah merasa hal ini gak penting dan berkata “ngapain sih, mau pelihara binatang aja ribet banget.. tinggal beli, taroh kandang kasih makan bla..bla..bla..” buang jauh-jauh keinginan untuk memelihara binatang apapun karena kamu belum layak.

So, coba tanya lagi ke dirimu sendiri, masih mau pelihara binatang? :D



*if you know the pic, or if that is your picture and you want me to remove just ask in the comment box :)

6 comments:

ternyata pelihara hewan harus ada komitmen sama kaya mau nikah. he he

aku punya binatang peliharaan ^^ kelinci.. lumayan ada temen ngonbrol kalau lagi galau. punya binatang peliharaan ya gak boleh setengah hati, harus nyiapin uang buat pakannya. kalau males ngasi makan tp pingin pelihara binatang, bilihannya ular :D makannya seminggu sekali

@genborneo

Yoi bro, gak boleh main-main hehe

@leniwijayanti

iya sis, tadi udah semept liat si Pico, lucu ya dia! :D pelihara binatang harus sepenuh hati hehe

ular sih boleh2 aja sis, makannya jarang tapi juga harus tau yg lain2 gak cuma makan doang misal mandiin nya hehe

mandiin ular ya juga gampang kan tinggal cemplungin aja ke air hahaha... kalau Pico emang gak pernah mandi XD

wew bauu gak pernah mandi :p hehe
tapi emang gak ada aturan yah? jadi kelinci itu gak perlu dimandiin?

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.