Mudik kemarin, saya berkesempatan mengunjungi salah satu kebun binatang kebangaan warga jogja, Gembira Loka zoo yang berlokasi di Jalan Kebun Raya no.2 Jogja.

Sebenarnya sudah lama saya ingin mengunjungi tempat ini. Saat itu saya menyaksikan liputan di televisi tentang taman reptil yang ada di kebun binatang tersebut.

Cukup dengan 20.000 rupiah kita sudah bisa masuk ke kawasan kebun binatang Gembira Loka untuk belajar, mengenal satwa serta berinteraksi dengan mereka. Berbekal peta panduan.. perjalanan pun dimulai. Di liat dari peta panduan nya sih cukup luas juga area kebun binatang ini. Pertama masuk kita disambut oleh danau buatan yang berisi berbagai hiburan air. Lalu, sampailah pada display pertama.. gajah, lalu orang utan. Di sebelahnya ada akuarium besar berisi ikan-ikan predator berukuran besar, juga beberapa kolam tempat kita dapat berinteraksi. Tepat didepannya, berdiri taman reptil.. akhirnyaa.. ini salah satu alasan saya berkunjung.
orang utan
Meski masih jauh dikatakan lengkap, koleksi yang ada cukup beragam, mulai dari kadal2an, kura-kura baik darat maupun air, buaya, katak hingga ular. Menariknya, hampir semua koleksi kura-kura air yang ada merupakan kura-kura lokal asal Indonesia.
kadal
turtle pool
Sebenarnya masih ada lagi display khusus spesies kura-kura Aldabra, kura-kura terbesar kedua setelah kuara-kura Galapagos di samping taman reptil. Tapi sayang, belum sempat mengunjungi tempat itu saya sudah harus pulang.
bunglon
iguana
So far, saya menilai pengelolaan kebun binatang ini cukup baik terutama sampah. Sepanjang perjananan jarang saya temukan sampah-sampah yang berserakan. Overall rapi. Begitu juga dengan lingkungan sekitar, terlihat sarana dan prasaranana nya termasuk kandang terlihat terawat, bahkan terkesan baru. Atau memang kebun binatang ini baru? Entahlah hehe Konsep penataannya pun sudah cukup baik dengan membuat rute perjalanan mengelilingi kebun. Namun, akan lebih seru lagi jika penataannya sesuai dengan jenis-jenis satwa, misalnya zona khusus primata, zona karnivora, herbivora dll.

paited turtle, callagur borneoensis

dada merah berjemur
Sun Bathing
Ternyata meski tempat ini terlihat luas, kandang tempat para satwa saya nilai masih kurang. Akan lebih bagus jika mereka diberi tempat yang lebih luas.


Jika anda berencana pergi ke sana, carilah waku yang tepat agar kunjungan anda dapat maksimal. Pilih waktu antara pagi sampai siang atau dari jam 2 sampai sore hari. Jika kondisi cuaca cukup terik, maka perjalanan menyusuri tempat ini akan terasa melelahkan. Namun, jangan khawatir, anda akan tetap bisa menikmati kunjungan anda dengan sarana transporatasi keliling yang disediakan.

reptile park
Memiliki pengelolaan yang baik, serta di dukung dengan tata ruang yang baik pula, Gembira Loka zoo merupakan tempat yang layak anda kunjungi bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. Jika anda berkunjung ke kota Jogja sempatkanlah mampir ke kebun binatang ini.

Selengkapnya/Read more>>