Sunday, October 7, 2012

Pesan pak guru di hari guru

Memperingati Hari Guru Internasional yang jatuh pada tanggal 5 Oktober kemarin, Pak Dzulfikar lewat akun Guraru nya berpesan agar guru tetap menyadari perannya dan terus mau belajar.

Ingin rasanya berkomentar, berhubung harus signup dulu yaa komentarnya disini aja deh hehe *gak  tau kenapa, saya merasa belum pantas join hehe. Pesan tersebut terasa berharga dan mencerahkan bagi saya sebagai calon guru karena menambah pemahaman tentang bagaimana seorang guru itu seharusnya.

Dalam postingan tersebut beliau mensyukuri peningkatan kesejarteraan guru saat ini. Namun karena hal itu pula ia khawatir apabila guru-guru terutama calon guru teralihkan fokusnya.

"Tapi saya khawatir justru bertambahnya minat pada jurusan keguruan lebih disebabkan kondisi guru yang saat ini mengalami perbaikan. Saya khawatir adik-adik mahasiswa hanya sekedar ingin mengejar sertifikasi."

Maka ia menyampaikan bagaimana guru seharusnya. Guru harus menyadari perannya sebagai pendidik. Guru harus pula menyadari kalau ia perlu terus belajar agar bisa memberi pencerahan kepada siswa. Karena guru juga murid, murid dalam kehidupan.

"Maka, sebagai seorang guru sudah sepantasnyalah untuk menyadari kekeliruan dan kelemahan jika memang masih merasa kurang. Guru adalah murid juga. Murid dalam kehidupan. Maka guru harus selalu belajar terus-menerus dan berkesinambungan sehingga bisa memberikan pencerahan, pengajaran kreatif, dan masukan-masukan yang lebih baik kepada siswa dari generasi ke generasi."

Terima kasih pak, semoga pesan bapak terus melekat di hati dan kepala saya. Dan semoga teman-teman saya khususnya para calon guru menyadari hal ini.

4 comments:

kesan yang sangat menyentuh.
salam PGRI
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/07/orang-tua-juga-perlu-belajar.html?m=1

iya pak, hehe maklum masih calon belum jadi..ya perlu penguatan gitu deh *malu hehe

anw, kalau ga salah beliau ini adalah alumni PBI loh. Pernah ketemu langsung di @atamerica brg miss aida dan jg kaka kls yg dibawah beliau ;)

iya, emang lulusan UIN beliau :)

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.