Monday, April 8, 2013

Predator terbaik di animal kingdom

Siapakah predator tebaik di kerajaan hewan? dibenak anda pasti terbayang singa, harimau, atau predator laut seperti hiu. Tapi ternyata gelar predator terbaik berasal dari  kelompok serangga, ya yang menyandang predator terbaik di kerajaan hewan adalah Capung.


Serangga mungil yang sama sekali terlihat tidak berbahaya ini ternyata mampu menangkap mangsanya dengan tingkat keberhasilan mencapai 95%, sedang hiu hanya 50 % dan harimau hanya 25%.

Capung bisa memakan mangsanya sambil terbang tanpa perlu hinggap di daun atau ranting. Mereka akan merobek-robek tubuh mangsanya lalu mengunyahnya sampai berbentuk gumpalan sebelum menelannya. Selera makan capung pun dinilai tidak ada habisnya, mereka akan terus makan selama masih ada makanan. Dalam suatu penelitian seekor capung mampu menghabiskan 30 ekor lalat buah tanpa henti.


Kemampuan berburu Capung berdasar pada otak, mata dan sayapnya yang menakjubkan. Mereka dapat fokus pada mangsa tunggal yang disasar meski ada di dalam sebuah gerombolan serangga. Capung yang memiliki beragam warna cantik ini dapat melacak sasarannya yang bergerak, lalu menghitung jarak menuju sasaran dan menagkapnya.
sumber

2 comments:

hewan terkuat di bumi SEMUT
mampu mengangkat beban 3 sampai 4 x lipat
dari berat badanya sendiri

wow keren juga yaa pak, hmm patut dibuat postingannya nih hehe

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.