Wednesday, June 12, 2013

Topeng Hyena dari Nigeria



Apa yang pertama kali  terbesit dibenak anda ketika melihat gambar ini? pernah terpikir menjadikan binatang-binatang itu menjadi peliharaan?

Saya pertama kali mengetahuinya dari sebuah thread di kaskus yang berjudul "peliharaan orang-orang afrika emang greget" saya kira peliharaannya seekor singa, tapi ternyata hyena, dan bukan cuma itu, ada juga baboon dan ular phyton. Ketiga jenis hewan tersebut tak kalah buas dari singa, bahkan hyena sepertinya lebih ganas apalagi ketika mereka sedang berburu dalam kelompok. Terlihat mulut hyena-hyena tersebut ditutup oleh semacam masker buatan.


Di thread tersebut dijelaskan kalau foto-foto tersebut merupakan karya dari seorang fotografer bernama Pieter Hugo. Tak puas hanya melihat-lihat gambarnya saya pun coba mencari informasi soal gambar-gamabr tersebut.


Sampailah saya pada website resmi milik sang fotografer pieterhugo(dot)com. Serangkaian photoshoot yang ternyata berlokasi di Nigeria tersebut dikisahkan di laman khusus berjudul The Hyena and Other Men.


 Ternyata hewan-hewan tersebut bukan sembarang hewan peliharaan. Orang-orang Nigeria itu menjadikannya partner untuk sebuah atraksi hiburan. Ya, mereka adalah seorang penghibur keliling, seperti topeng monyet di sini. Selain itu mereka juga menjual obat-obatan tradisional. Sayang seperti apa atraksinya tidak dijelaskan, sang fotografer tidak tertarik untuk mengabadikannya saat atraksi berlangsung. Ia lebih tertarik untuk menggambarkan hubungan antara pawang dan hewannya yang tergolong buas ini.

Hal lain yang menarik dari kisah mereka dan petulangan sang fotografer adalah soal terungkapnya identitas sebenarnya dari para penghibur tersebut. Awalnya suatu media lokal mengatakan mereka adalah para perampok bank, bodyguard, penjual narkoba dan debt collector. Namun ternyata itu salah, lewat ekspedisinya sang fotografer berhasil mengungkap identitas sekelompok orang yang membawa-bawa binatang buas tersebut, bukan untuk tindak kriminal dan kekerasan melainkan untuk sebuah pentas atraksi.




0 comments:

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.