Wednesday, August 28, 2013

Bersepeda di Indonesia?

Seorang teman me-mention saya dengan menyertakan artikel berita tentang, bersepeda untuk Indonesia lebih baik. Apalagi maksudnya kalau bukan untuk meng-informasikan kelebihan-kelebihan dalam sepeda sebagai alat transportasi.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/08/indonesia-lebih-baik-dengan-bersepeda

"Dengan bersepeda, yang selama ini dianggap kendaraan lamban, justru bisa lebih cepat sampai tujuan, bisa terus melaju di sisi dan di sela kemacetan."

"Bersepeda, baik untuk diri sendiri – terus bergerak, sehat – dan baik bagi lingkungan – tak perlu bahan bakar yang bisa mencemari lingkungan."

Well, bersepeda memang bebas polusi dan sehat karena badan terus bergerak. Namun prakteknya, bersepeda tak semenyenangkan yang dikira. Apalagi bersepeda sebagai pilihan trasportasi (menuju tempat kita bekerja/sekolah).


Di Indonesia sendiri khusunya di Kota besar, kebanyakan jalan rayanya tidak bicycle friendly. Karena populasi yang sedikit pesepeda harus mengalah dengan kendaraan lain. Saya pernah beberapa kali bersepeda menuju Kampus yang jaraknya kurang lebih 8 km dari rumah. Sepanjang jalan diasapi kendaraan lain, untuk sekedar menyebrang pun perlu aba-aba tangan dengan ekstra hati-hati. Keselamatan pesepeda di Indonesia masih tanda tanya.

Mungkin lain halnya jika di daerah yang jalannya masih sepi sehingga dapat bersepeda dengan lebih nyaman. Selain itu kita disuguhi pemandangan alam di kanan-kiri jalannya.

Besepeda memang baik dengan segala kelebihannya, tapi tergantung juga dengan keadaannya. Untuk jarak yang dekat, misal ke pasar, bersepeda adalah pilihan yang bijak. Tapi untuk pilihan transportasi sehari-hari (bekerja/sekolah/kuliah) pikir lagi apakah bersepeda lebih menguntungkan atau malah sebaliknya.

Mungkin nanti kalau bahan bakar minyak sudah habis, barulah kita naik sepeda ramai-ramai :D

2 comments:

Kalau menurut saya sih dimulai dulu aja, kalau menunggu keadaan yang lebih baik pasti lama. Karena semakin banyak penggunanya pasti semakin banyak juga orang yag 'melek' bersepeda. :D

oh, iya mbak, saya sebenarnya salut sama komunitas semacam bike to work..

tapi entahlah, saya sendiri saat ini tidak bisa menemukan kenikmatan bersepeda :D *membayangkan indonesia bisa kaya belanda

semoga saja jalur sepeda semakin menjamur, dan keselamatan pesepeda bisa lebih diperhatikan

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.