Thursday, November 29, 2012

Masa infant (bayi), masa paling rawan

Bayi Orang Utan dan Induknya
Di suatu ruang diskusi tanpa akhir, tepatnya di forum diskusi terbesar di Indonesia, Kaskus. Salah seorang member bercerita tentang pengalamannya memelihara kura-kura, ia gagal, semua kura-kuranya mati. Ia heran kenapa hewan peliharaannya bisa mati.

Senada dengan pengalamannya, saya pun ikut bercerita. Saat awal memelihara kura-kura saya selalu gagal, alias mati. Dari pengalaman saya, saya berasumsi kalau bayi kura-kura itu sangat rentan. Sudah banyak terjadi kasus seperti ini. Bahkan saya pernah menemui penjual ikan yang ikut-ikutan menjual kura-kura, tanpa mengatahui seluk beluknya. Alhasil ia merugi, semua daganganya mati.

Menaggapi hal tersebut, beberapa pakar pun menjelaskan. Tingginya tingkat kematian kura-kura (terutama yang masih kecil, bayi) didasari atas banyak faktor, misalnya, soal kebersihan akuarium atau kolam, kondisi kura-kura yang buruk (tidak fit) dari penjual, faktor makanan dll.

Selain itu secara umum, masa infant/bayi merupakan masa yang paling rawan. Mereka menegaskan, hal tersebut tidak hanya berlaku pada kura-kura saja melainkan pada semua makhluk hidup.

"untuk hewan/mahluk hidup masa infant/baby itu memang masa paling rawan om. segalanya mesti serba hati2 dan diperhatikan baik2 supaya bisa selamat sampe besar. Yang sudah pengalaman aja breeding di penangkaran masih ada kemungkinan gagal sekian persen"

0 comments:

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.