Pagi itu pak @gurukreatif nge tweet: "Selamat pagi, jalanan pinggir Jakarta banyak dilalui siswa SMP naik motor ke sekolah, kenapa sekolahnya diam saja"  Jadi ingat perkataan tetangga saya yang beralasan "biarin lah, temen-temennya juga udah pada naik motor". Itu jawaban dari seorang Ibu terhadap komentar saya yang menyayangkan kalau anaknya yang masih SMP sudah diberikan sepeda motor. Duh, bisa-bisanya ya si Ibu ngomong gitu padahal kan bahaya.

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 “Lalu Lintas & Angkutan Jalan” pasal 81 ayat 2 dikatakan Syarat Usia Minimal untuk mendapatkan SIM C, SIM A dan SIM D adalah 17 tahun.
illustrasi (foto by subaktyo on flickr)
Yah ternyata kebanyakan orang tua memang begitu. Kesadaran akan keselamatan pada anakanya begitu rendah. Lihat saja berapa banyak anak dibawah umur yang berkeliaran di jalanan dengan sepeda motor. Anak-anak dibawah umur sama sekali belum siap untuk mengedarai motor. Pemikiran anak usia di bawah tujuh belas tahun jelas belum matang dan cenderung sembrono. 

Kebanyakan dari mereka menggunakannya sebagai alat transportasi kesekolah. Padahal sekolah-sekolah, terutama SMP, menurut diskusi kecil dari para tweeps yang menjawab tweet dari pak @gurukreatif jelas melarang anak didiknya mengendarai motor kesekolah. Tapi restu dari orang tua lah yang membuat mereka tetap menggunakannya. Kebanyakan dari mereka menitipkan kendaraannya di rumah temannya yang dekat dari sekolah.


Apapun alasannya, pemberian izin pada anak yang masih di bawah umur untuk mengedarai sepeda motor jelas perbuatan yang tidak bisa dibenarkan.

4 comments:

pertamax·····
Artikel Pelengkap artikel di atas
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/ribut-gara-gara-motor-itu-baik.html?m=1

Asikk dehh pak, masa iya kita lebih sayang motor ketimbang anak :D

Malem sobat..
Waw nice post..
Yang post sebelum nya juga bagus tapi ini lebih baik dari yang lalu..:)
terus berkarya ya..
Haha..:D
oh ya mampir juga ya ke my blog..:)

@rengga gps malem bro, terima kasih atas perhatiannya

meluncur gan hehe

Post a Comment

Nice reader always leave a comment.